Sunday, January 25, 2015

Masyarakat Tidak Jelas

Akhir -  akhir ini terdapat fenomena penyebutan istilah " masyarakat tidak jelas " yang dipicu oleh salah satu menteri yang mengomentari tentang dukungan terhadap salah satu lembaga keadilan . Arti dari masyarakat tidak jelas sendiri sebetulnya rancu karena memang yang menyebutkan tidak menjelaskan secara rinci , mungkin yg dimaksud tidak jelas itu identitas nya atau maksudnya atau hanya beliau sendiri yang tau apa artinya itu . 

Namun disini kita membahas tentang arti " masyarakat tidak jelas " tidak menurut bahasan politik , yang kita bahasa adalah arti kalimat tersebut dari sudut pandang pemasaran online . Menurut saya tidak jelas disini berarti kita tidak kelihatan keseluruhan , jadi biar tidak melebar kemana  -  mana :) . Bisa di katakan indonesia sekarang sudah menjamur online shop , dimana banyak dari pihak seller tidak menggelar dagangan  secara offline . Kita hanya berkomunikasi via sosial media ( Facebook , Twitter , Instagram , google+ , atau Path ) ,  lewat messenger seperti BBM , WA , LINE  , atau kita hanya mengetahui lewat websitenya . 

Ketidak jelasan disini saya  garis bawahi bahwa , pembeli  tidak melihat langsung penjual dan barang yang akan dibelinya . Lewat komunikasi messenger kedua pihak akan bertransaksi  , sekali lagi keduanya tidak bertatap muka langsung sehingga bisa di anggap keduanya tidak jelas :) Namun yang harus diperhatikan bahwa  barang yang dijual tentunya harus jelas , baik spesifikasi , harga dan proses pembayarannya . Keduanya harus memastikan bahwa kedua belah pihak jujur dan amanah terhadap kepercayaan yang diberikan , karena dua - duanya sebenaranya termasuk " masyarakat tidak jelas " alias tidak bertemu satu dengan yang lain 

Yang sudah masuk masyarakat tidak jelas ini makin banyak akhir  -  akhir ini karena memang pasar juga semakin menerima pemasaran online , yang didukung oleh semakin banyaknya pengguna internet yang makin hari juga semakin besar . Yang harus ditingkatkan lagi bagi masyarakat tidak jelas ini adalah perlunya adanya standart yang lebih baku yang disepakati bersama bagaimana  mereka bisa bertransaksi dengan baik dan saling menguntungkan . Karena memang tidak sedikit seller atau buyer yang nakal  , waspada terhadap hal -  hal yang dianggap diluar kebiasaan transaksi online akan sangat membantu . Semoga memberi manfaat :) 

No comments:

Post a Comment