Tuesday, January 20, 2015

Barang Langka

Bila kita menyebut " barang langka " pasti yang kita pikirkan adalah barang dalam artian benda yang bisa dilihat atau nyata . Namun ada juga barang langka lain yang bersifat tidak kelihatan namun banyak kita jumpai sekarang dan cenderung menjadi hal umum . Salah satu contohnnya adalah , ketika anda berada di lampu merah pernahkah melihat sekelompok pengendara motor / mobil yang melintasi garis stop atau pernahkan anda lihat di jalan tol , banyak kendaraan berlomba - lomba menggunakan badan jalan walau mereka bukan dalam keaadaan emergency ? Atau bila anda mau mundur , lihat kanan kiri sudah clear namun sekonyong - konyong ada kendaraan lain nyelonong tanpa kasih klakson ?

Salah satu hal yang menurut saya menjadi barang langka adalah kesabaran , kesabaran memberikan kesempatan untuk orang lain dalam melakukan kegiatannya . Yang dimana kalau kita melakukannya mungkin bisa membuat lebih aman bagi kita dan orang lain yang berpotensi terugikan oleh ketidak sabaran kita . Kita harus paham semua orang punya hak sama , hak kita menggunakan hak kita dibatasi oleh hak orang lain juga . Sehingga kita harus paham batasan , kapan bisa menggunakan dengan lebih baik . 

Ketidak sabaran kita mungkin akan menular ke orang lain , contoh dulu saya hanya melihat kendaraan stop di zebra cross hanya ada di jakarta . Namun bisa anda lihat sekarang , di kota kelahiran saya yang kecil saja hal tersebut juga sudah mulai ketularan . Mungkin alasannya karena dibelakang garis stop dipenuhi oleh mobil , namun tidak menjadi diperbolehkan stop di zebra cross . Bagaimana dengan orang lain yang akan menyeberang tentunya akan menghambat nya bukan 

Mungkin kita harus mulai berpikir untuk menjaga kesabaran kita agar tidak menjadi barang langka , dalam hadist pun disebutkan :

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ
“Kesabaran itu adalah cahaya.” (HR. Muslim no. 223, dari sahabat Abu Malik al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu

Harus dimulai dari sekarang untuk lebih meningkatkan kadar kesabaran kita , apalagi sekarang pun godaan untuk melepas kemarahan kita lebih banyak dan lebih sering  . Perlu diingat bahwa  sekali terlepas akan menghasilkan hal -  hal diluar kontrol kita .  
.

No comments:

Post a Comment