Monday, August 18, 2014

Mrospek Dengan Slow

Pernah dengar kata - kata " Lagi mrospek nih " , saya memandang "mrospek "  adalah bagian dari negosiasi dimana kedual belah pihak membicarakan sesuatu hal untuk menyepakati sutu hal juag . Bingug khan hehehe , pelan - pelan aja bacanya :) . Kata - kata " mrospek " dulu identik dengan kegiatan MLM , namun secara luas juga dilakukan oleh para pebisnis salah satunya . Ketemu dengan calon konsumen , menjelaskan tentang produk yang kita jual , sampai akhirnya akan ada pembelian atau tidak . Sekarang pun ketemu dengan calon customer tidak perlu tatap muka , fenomena bisnis online sedikit merubah cara komunikasi dari face to face menjadi interaksi di social media , BB , SMS , Telephone , atau aplikasi pesan lainya . 

Persepsi bahwa " mrospek " harus selalu menghasilkan penjualan menurut saja tidak sepenuhnya benar , karena hal itu adalah proses. Bagi saya " mrospek " adalah kegiatan mengakrabkan diri dengan calon customer , beberapa buku yg saya baca menjelaskan bahwa penjualan terjadi bukan selalu karena produk yang bagus , namun salah satu faktonya adalah calon pembeli percaya terhadap penjualnya . Kepercayaan itu terjadi bila calon pembeli merasa mengenal dekat penjualnya . 

Yang sering lakukan adalah ketika melakukan komunikasi ( mrospek ) berusaha untuk membuat calon pembeli paham akan barang yang saya jual terutama plus minusnya , jangan pernah berbohong terhadap spesifikasi produk yg kita jual , jangan selalu  menekan customer unt melakukan pembelian saat itu juga  . Ingat " Jangan Selalu " , artinya anda boleh melakukan itu bila anda rasa calon pembeli berbelit2  atau anda cukup yakin bahwa type calon pembeli yang kalau tidak ditanyakan " mau beli berapa " malah nggak jadi beli . 

Kalau tidak terjadi closing bagaimana ? apakah rugi ? Jawaban saya tidak , karena kita sudah membuka jalur komunikasi dengan calon customer , kita tidak pernah tau kapan mereka akan membeli namun dengan membuka komunikasi adalah langkah yang baik . Bagaimana kalau mereka tidak komunikasi lagi ? Anda bisa memanfaatkan jalur remarketing , bisa via email  , BC BB , BC sms . Jadi " mrospek " itu menurut saya slow saja :) 

Semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment