Saturday, August 9, 2014

Darimana saya berbisnis ?

Pertanyaan " dari mana saya berbisnis " adalah jamak ditemui disetiap individu yang tertarik berwirausaha . Ada yang bilang mulai dari hobi , mulai dari yang kita punya , mulai dari bantu jualan orang lain , dan lain sebagainya . Hal tersebut benar tidak ada yang salah , namun perlu diperhatikan dalam setiap langkap mulai bisnis perhatikan hal - hal berikut ini :

1. Fase Pondasi 
Pada fase ini , kita akan banyak belajar tentang bagaimana membuat bisnis itu berjalan. Ingat berjalan bukan sukses atau untung , istilahnya cash flow harus terjaga .Jangan pernah berpikir bahwa hitungan di atas kertas akan semudah yang terjadi di kenyataan . Fase ini anda akan menghadapi pahit getir bisnis, mungkin bisa kebangkrutan , dikejar2 investor , utang sana sini . Ini nyata , termasuk saya juga dulu begitu hehehe . Namun satu hal , jangan pernah lari . Selesaikan dengan baik , walau tidak sesuai jadwal yang penting kewajiban / hutang harus diselesaikan , KAPANPUN anda bisa  kalau mampu ya secepatnya . Fase anda akan dipaksa memilih bisnis apa yang menguntungkan , bila anda rasa potensinya besar maka fokus lah . Jangan pernah berpikir kesuksesan bisnis itu instan , ada yang hitungan bulan atau tahun dalam meraihnya . Jadi enjoy saja :)

2. Fase Berkembang
Fase ini anda sudah mulai mapan menjalankan usaha anda , customer sudah tidak senin kamis , sudah punya kelebihan pendapatan untuk investasi dan keperluan lain . Racun pada fase ini adalah sudah merasa menjadi pengusaha sukses , kegatelan untuk buka usaha baru . Banyak yang hilang fokus sehingga mereka malah kehilangan bisnis yang seharusnya bisa lebih baik . Lebih baik anda memikirkan bagaimana membuat sistem bisnis anda menjadi lebih baik , bagaimana bisnis anda biisa berjalan tanpa ada di sana , bagaiman membuat bisnis anda punya badan hukum , dan masih banyak hal yg bisa kita lakukan .

3. Fase Tinggal Landas
Fase ini anda sudah berada di luar system , anda bisa masuk namun hanya ssekali - kali ketikan diperlukan . Saat ini anda hanya duduk manis , mungkin mencari peluang baru .

Setiap fase tidak ada rentang waktu yang tetap jadi tetap belajar , semoga hal bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment