Thursday, June 5, 2014

Kepepet

Kejadian " kepepet " sering kita rasakan , rata - rata tentang masalah uang . Seringkali kita kepepet , baik pas tidak punya uang atau pas ada uang namun kita tidak bisa ambil padahal harus ada uang untuk membayar sesuatu . Kejadian yang pertama mungkin yang banyak kita temukan :) . Ya bisa dianggap uji nyali keuangan ketika kepept apapun bisa kita lakukakan namun saya berharap masih dalam ihal positif.

Pagi ini jam 06.30 , kebetulan mau antar istri ke kantor. Ada seorang pemuda parkir didepan rumah dengan terburu - buru , muka sedikit cemas . Saya kira dari pak RT mau ngabarin apa , namun dengan sedikit takut dia bicara  " Pak ada kerjaan buata saya ? apa aja deh yang penting bisa dapat uang " . Saya sempat bingung ini anak kok sedikit meragukan , padahal motornya lumayan bagus . Waktunya kok pas saya mau antar istri , padahal dirumah hanya ada sikecil dan pembantu . Akhirnya saya bicara ke pemuda itu , bersihkan rumput depan aja ya nanti saya kasih uang . Dia menjawab dengan mengucap syukur , saya jadi tambah bingung ...

Sepulang antar istri saya sempatkan mampir beli sarapan untuk pemuda tersebut , karena saya pikir pasti ini anak belum sarapan . Sampai rumah kemudian parkir mobil , saya bawakan air putih satu botol plus sarapan . Dia sudah menunggu sambil tersenyum sambil kasih kode minta minum , badan sedikit sempoyongan mgk karena lemas . Saya bilang , sudah istirahat dulu  . Sarapan dan minum dulu biar segar , ya pak jawab dia . 

Ketika hampir selesai saya ajak bicara , kenapa cari kerjaan pagi2 ? Dia menjawab perlu uang untuk beli kain kafan neneknya , tadi malam meninggal dan siang mau dimakamkan . Seakan tidak percaya , untuk membeli kain kafan senilai 120rb pun pemuda itu tidak mampu. Ada pikiran bahwa pemuda ini mengada -ada , namun pikiran saya cuma melayang mungkin akan melakukan hal sama bila dalam kondisinya . Melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan dalam hal ini untuk beli kain kafan almarhumah neneknya . Kalaupun dia mau menipu ya itu urusan dia dengan Allah SWT , saya hanya membantu berdasarkan ceritanya . 

Saya hanya bisa berdoa semoga sang pemuda mampu bekerja yang layak dapat memenuhi segala kebutuhan keluarganya , sehingga dia bisa terhindar dari keadaan " kepepet " . Untuk almarhumah semoga arwahnya diterima si sisi Allah SWT , diterima seluruh amal baiknya dan disabarkan keluarga . Saya mohon maaf karena tadi sempat update status di facebook yang sedikit  "nyinyir " , semoga dimaafkan dosa saya tersebut . 

 




2 comments: