Tuesday, July 23, 2013

Trust : Kendala bisnis Online

Berbisnis melalui online sekarang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang , selain tempat kerja yang flexible juga akan mengurangi cost unt sewa tempat , karyawan dan lain lain . Banyak yang sudah berhasil bisnis online di berbagai produk atau jasa . Namun setiap hal juga diciptakan berpasangan , dibalik kemudahan juga ada kendala yang menghantui bisnis online . Hal itu dapat dimaklumi karena customer tidak melihat langsung barang , hanya di website atau jaringan sosial media yg dipakai oleh seller.

Hal yang paling dirasa kendalanya adalah menumbuhkan "Trust" dari calon customer bahwa seller tidak akan menipu , akhir akhir ini memang banyak kasus penipuan online yang terjadi . Mgk prosentase yang berhasil ditangkap hanya sebagian kecil saja . Untuk menumbuhkan "trust" harus melalui proses panjang , bukan serta merta website anda di page 1 Google menjamin order banyak , posisi itu hanya akan mendatangkan "lead" yg lebih banyak namun untuk terjadi pembelian ttp kembali ke seberapa baik dan benar kita menyampaikan informasi produk di website .

Juga mengenai pembayaran , bila nilai barang seratus dua ratus ribu mungkin tdk terlalu terasa bila kita ditipu , namun bagaimana bila nilainya puluhan atau ratusan juta ??? Tentunya baik sebagai seller maupjn buyer harus ada kesepakatan agar trjd perdagangan yg jujur . Bagaimana memulai proses agar "trust " dapat kita peroleh .... ???Mulai dari diri kita sendiri , berikan informasi yang benar tentang produk yang kita jual , jalin komunikasi dengan customer baik untuk edukasi maupun iklan komersial

Smg bermanfaat



2 comments:

  1. salam om agung..
    bisa dijelaskan secara detail, bagaimana membangun trust dalam bisnis online?
    saya tukang bikin baju bola newbie di bisnis online
    terimakasih om
    salam sukses

    ReplyDelete
  2. Setiap bisnis ada liku - likunya sendiri Om , jadi sebenarnya kita lah yg bisa menemukan kunci suksesnya . Kalau saya untuk bangun trust antara lain :
    1. Web / blog harus masuk page one
    2. Harus ada akun socmed untuk komunikasi , usahkan friend / follower / liker harus tertarget
    3. Perbaiki cara komunikasi dengan customer
    4. Banyak2 berdoa dan sedekah

    Bangun bisnis pelan2 tapi pasti Om , krn banyak yg survive malahan :) Smg bermanfaat

    ReplyDelete