Thursday, July 4, 2013

Kongsi Bisnis

Dalam dunia bisnis melakukan kerjasama dengan pihak lain adalah sangat lumrah , bisa dalam bentuk permodalan atau sebagai pelaksana bisnis itu sendiri . Banyak yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil , kongsi bisnis memang rentan pecah bila tidak ada payung perjanjian yang di buat sebelum awal bisnis ini dimulai . Banyak terjadi pecah kongsi karena salah satu pihak memutuskan karena berbagai hal , seperti bisnis tidak berjalan sesuai harapan , atau bisnis sudah berhasil namun salah satu pihak berpendapat bagi hasilnya kurang sesuai .

Hari ini juga ada seorang teman yang inbox di Facebook saya , bisnisnya yang sudah dirintis dan sudah lama berjalan terancam pecah kongsi dan ada kemungkinan beliau akan mulai dari nol lagi . Menurut beliau hasilnya kurang sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan , sebab lainnya saya kurang tau  juga .

Konsekuensi pecah kongsi sangat besar , dimana bisnis yang sudah berjalan bisa terkendala atau malah bisa selesai dengan cepat . Untuk itu perjanjian bisnis yang dipahami oleh kedua pihak sangat diperlukan , karena ini menjadi dasar apa yang harus dilakukan ketika hal itu terjadi . Seharusnya memang untung di bagi , rugi pun dibagi sehingga tidak ada yang salah paham . Kita memang tidak menghendaki bisnis bangkrut , namun tidak ada salahnya masing2 pihak melindungi hak dan kewajibannya dengan surat perjanjian resmi baik bisnis itu dalam skala kecil atau besar .

Semoga bermanfaat

@agungsongsong

1 comment:

  1. Apalagi dalam hal perencanaan keuangan , sangat sensitif, bagus juga menggunakan perencana keuangan sebelum bisnis dan berkongsi dimulai agar terjadi akad yang jelas dalam pembagian hasil laba usaha. terimakasih

    Zelts Consulting - Konsultan Perencana Keuangan Pribadi

    ReplyDelete