Monday, December 10, 2012

Rolling Period



Di dunia perkapalan dimana tepatnya pada ilmu stabilitas , terdapat sebuah bahasan mengenai istilah rolling period . Definisi kurang lebih adalah periode waktu yang diperlukan saat kapal mulai miring kekanan - tegak - miring kekiri dan kembali tegak . Dimana masing - masing kapal memerlukan waktu yang berbeda -beda tergantung berbagai macam faktor di dalamnya .

Bagaimana kalau rolling period  di aplikasikan kepada kehidupan kita ?? Kita tau bahwa dalam kehidupan kita pun tak lepas dari berbagai situasi hidup , sama persis dengan kapal yang senantiasa dipengaruhi oleh cuaca , keadaan kapal sendiri dan lain lain . Kadang kita merasa kehidupan semakin bertambah buruk atau pun sebaliknya  . Ketika bertambah buruk kita akan berusaha untuk bangkit bagaimanapun itu caranya , butuh waktu baik itu cepat atau lambat keadaan tentu akan semakin baik .  Kapal mempunyai rolling period berbeda , disesuaikan dengan kondisi kapalnya . Jadi bukan semakin cepat atau semakin lambat sebuah rolling period dianggap baik , namun sesuai dengan kondisi kapal itu sendiri . Contoh , kalau kapal penumpang akan mempunyai rolling period yang lebih lambat karena akan membahayakan bagi penumpang ( mabok laut , peralatan di dalammnya ) .

Jadi untuk kehidupan kita , rolling period antara situasi baik atau buruk juga harus kita lewati . Itu adalah proses , cepat atau lambat waktu untuk kembali ke situasi yang lebih baik . Dan yang lebih penting lagi kita bisa belajar saat kita " miring " . Pengalaman saat mengalami situasi yang tidak mudah akan membawa kita lebih berani bertindak , tidak cengeng dan tegar . Semua orang sukses pernah mengalami periode terburuk dan mereka bisa melewatinya plus lebih berhasil . So , mengapa kita tidak ??


Semoga bermanfaat
@agungsongsong

No comments:

Post a Comment