Friday, December 14, 2012

Pelaut Wanita

Dimasa sekarang persamaan gender semakin banyak berkembang , di indonesia sendiri hal ini sudah di mulai dari dahulu kala dimana kita mengenal beberapa wanita hebat seperti R.A Kartini , Cut Nyak Dien , Laksamana Malahayati , dan banyak lagi contohnya . Persamaan gender ini sekarang meluas ke seluruh bidang pekerjaan , dan hal itu banyak didukung oleh banyak pihak .

Tidak terkecuali dengan pekerjaan yang berhubungan dengan laut , mulai banyak para calon - calon pelaut wanita yang menghiasi kerasnya kampus akademi maritim di seluruh indonesia . Yang perlahan akan melahirkan pelaut baru yang akan terjun ke dunia nyata pelaut . Walaupun ada pula yang tidak meneruskan karir di laut , mungkin ada yang masuk departemen - departemen yang membutuhkan keahlian nya . 

Hadirnya pelaut wanita di dalam kapal akan membuat situasi kapal akan berubah , ada dua kemungkinan baik itu baik dan buruk . Baiknya adalah situasi kapal tidak monoton , ada sosok ibu yang mungkin bisa jadi nilai lebih diantara para pelaut laki - laki . Negatifnya apabila ada oknum  - oknum yang memanfaatkan keaadan ini untuk hal pribadinya , belum lagi adanya potensi untuk diskriminasi atas hal lain 

Peran utama untuk memperbaiki hal ini ada 2 yaitu dari pihak Perwira Senior  dan pelaut wanita itu sendiri , bagi perwira senior harus menjamin persamaan hak dan kewajiban dalam pekerjaannya sebagai pelaut . Sedangkan bagi pelaut wanita , persiapkan diri se siap mungkin untuk memasuki dunia pelaut . Jangan memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk merendahkan anda , tegas dalam setiap hal yang and jalani diatas kapal . Sekali anda memberikan kesempatan , tidak akan kesempatan kembali . Banyak pelaut wanita berhasil tanpa dengan keteguhan jiwanya ,pastikan bahwa anda bekerja profesional . 

Terimakasih 
Semoga bermanfaat 

@agungsongsong

Ditulis setelah membaca seorang cadet perempuan bunuh diri setelah mengalami tindakan tidak terpuji diatas kapal  , silahkan baca disini http://gcaptain.com/cadets-death-is-just-the-tip-of-a-dirty-iceberg/


No comments:

Post a Comment